Menurunkan Berat Badan dengan Bermain Skipping

Olahraga sudah menjadi salah satu kebutuhan utama dalam memelihara kesehatan. Tidak terkecuali dalam hal menurunkan berat badan. Olahraga akan menjadikan program diet yang Anda jalankan menjadi lebih maksimal. Di tips mengurangi perut buncit dan diet sehat dengan puasa selalu menyertakan olahraga sebagai salah satu tips yang dianjurkan.

skipping-rope

Ada beberapa aspek yang dapat menjadi pertimbangan dalam memilih jenis olahraga. Diantaranya olahraga harus mudah dilakukan, murah, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta tentunya harus menyenangkan. Kesemuanya demi menjamin, agar kita  tetap rutin berolahraga. Dan salah satu pilihannya adalah “skipping” atau lompat tali.

Diantara manfaat skipping yang bisa kita dapatkan;

  1. Memperkuat jantung
  2. Memperkuat tulang dan otot
  3. Memperbaiki keseimbangan tubuh
  4. Membantu menurunkan berat badan

Skipping merupakan termasuk kedalam “low impact exercise”. jika dilakukan dengan cara yang benar, skipping akan memberikan stres / tekanan yang lebih rendah ke sendi-sendi di kaki  bila dibandingkan dengan jogging. Jadi skipping termasuk ke dalam olahraga dengan resiko rendah.

  1. Olahraga ini akan menggerakkan hampir seluruh otot di tubuh, terutama otot kaki, tangan, punggung dan pastinya otot perut.
  2. Skipping dapat meningkatkan metabolisme tubuh setidaknya 1-2 jam setelahnya. Sehingga tetap dapat meningkatkan pembakaran kalori
  3. Skipping selama 10 menit setidaknya dapat membakar 100 kalori tubuh. Dan Anda harus melakukan jogging dengan kecepatan 8 km/jam selama 10 menit untuk mendapatkan jumlah pembakaran kalori yang samaContohnya Anda memiliki berat 75 Kg, melakukan skipping selama 15 menit dan rata-rata 70 kali putaran tali skipping per menit. Maka jumlah kalori yang telah berhasil Anda bakar adalah75 x 15 x 0,163 kalori = 183 kalori. Ini merupakan jumlah yang cukup signifikan untuk olahraga selama 15 menit.

    Lalu bagaimana cara skipping yang benar?, inilah tipsnya;

    1. Selalu lakukan peregangan sebelum dan sesudah skipping
    2. Untuk tahap awal lakukan skipping selama 5-10 menit dengan intensitas biasa ( rata-rata 70 kali per menit ), setelah itu Anda bisa meningkatkan jumlah waktu dan putaran secara bertahap hingga 15-30 menit sehari. Anda bisa membaginya menjadi 2 sesi latihan, seperti 15 menit di pagi hari dan 15 menit di sore / malam hari.
    3. Lakukan skipping setiap hari atau paling tidak 5 kali dalam seminggu
    4. Lakukan lompatan ringan yang tidak terlalu tinggi (2,5 – 5 cm ) agar tidak terlalu membebani lutut dan pergelangan kaki
    5. Jaga posisi siku Anda tetap dekat dengan badan. Gerakkan tali dengan pergelangan tangan bukan dengan bahu.
    6. Untuk tahap awal jika Anda merasa letih melakukan skipping terus menerus tanpa berhenti. Pilih alternatif pola; skipping selama 1 menit, istirahat 1 menit.
    7. Variasi gerakan yang dapat Anda pilih diantaranya; melompat dan mendarat dengan 2 kaki & melompat dan mendarat dengan salah satu kaki, kiri atau kanan secara bergantian.
    1. Ciptakan suasana menyenangkan. Anda dapat melakukan skipping sambil menonton televisi atau sambil melihat pemandangan diluar rumah.

    Demikian informasi cara menyenangkan menurunkan berat badan dengan skipping. Semoga bermanfaat.

 girl-skipping-22458387

Bagaimana cara skipping membantu membakar kalori? Berikut faktanya;

  1. ama 10 menit untuk mendapatkan jumlah pembakaran kalori yang sama.

Tinggalkan komentar